This is only a way to guide me find out who I am, how I feel and how things are connected to me.

Tuesday, May 22, 2007

Ketika Cinta Jadi Nyusahin: Get Real, It's Simple!

Ada kalanya sebuah hubungan seperti tidak bisa diapa-apakan lagi. Emosi sudah merayap ke ubun-ubun, berganti rupa jadi amarah dan teriakan yang pekak. Ketidakpedulian mengendap, lahir dari kemalasan mengusahakan cinta.

Cinta memang tidak cukup cuma cinta. Cinta itu usaha. Secara ilmiah hormon oksitosin -yang mendorong seseorang untuk jatuh cinta, rukun dan mesra (uhuuy!)- tingkat produksinya menurun dalam kurun waktu tahunan. Apalagi caranya mempertahankan hubungan kalau bukan dengan usaha?

Cinta itu keberanian. Berani susah, berani menderita, berani sakit hati, berani kompromi, berani bertanggung jawab, berani ngasih makan anak orang. Tapi cinta itu sama sekali gak rumit. Cinta itu sederhana.

Gak percaya? Hehehe..susah dipercaya ya? Jangan karena saya yang nulis ya? Ini memang hal yang sebelumnya tidak saya pikirkan sendiri. Berbagai sumber, plus pengalaman percintaan banyak orang –yang gagal dan yang berhasil- ternyata tumbuh dari kesederhanaan cara mencintai. Saya setuju. Saya belajar. Saya akan menikah pula sebentar lagi (dalam waktu dan dengan pasangan yang masih tentatif. Hehehe…).
Jalannya suatu percintaan pasti ada onak dan duri. Ketidakberuntungan, kesalahan dan sekedar tindakan bodoh, bisa terjadi. One thing you can be sure is this: it takes two to tango. Berusaha harus sekuat tenaga. Tapi harus tetap berpegang pada hal yang nyata. Berhenti dan berangan-angan tidak akan membawa aku ke mana-mana. Kadang bisa sampai segitunya mencari ke ujung dunia (world's end 'kan cuma ada di Pirate of Carribean aja). Padahal - siapa sangka - orang yang dinanti bisa aja selalu setia menemani kita.

Don’t let go, or you’ll regret.



1 comment:

Anonymous said...

Memang cinta itu unik. Contohnya gue yang selalu ditanyain orang2 kenapa gue bisa memahami pemikiran, omongan, dsb dari suami tercinta, Etang. Lha, emangnya gue selalu ngerti. Ngga kali. Gue cuma melakukan satu hal ampuh tuh, menerima Etang seperti apa adanya dia..=)..uh, jadi terharu sendiri..hehehe